24 Oct 2012

Persyaratan Sistem Penilaian Kinerja Pegawai

Dengan munculnya pandangan baru dimana bisnis harus digerakkan oleh customer-focused, suatu sistem penilaian kinerja pegawai yang efektif paling tidak harus memiliki syarat-syarat sebagai berikut menurut (Yuwono dkk, 2002): 

1. Didasarkan pada masing-masing aktivitas dan karakteristik pegawai itu sendiri sesuai perspektif pelanggan. 
2. Evaluasi atas berbagai aktivitas menggunakan ukuran-ukuran kinerja yang customer-validated. 
3. Sesuai dengan seluruh aspek kinerja aktivitas yang mempengaruhi pelanggan, sehingga menghasilkan penilaian yang komprehensif. 
4. Memberikan umpan balik untuk membantu seluruh anggota organisasi mengenali masalah-masalah yang ada kemungkinan perbaikan. 

Menurut Mulyadi (2001), manfaat penilaian kinerja yaitu: 
a) Mengelola operasi organisasi secara efektif dan efisien melalui pemotivasian pegawai secara maksimum. 
b) Membantu pengambilan keputusan yang bersangkutan dengan pegawai seperti promosi, pemberhentian dan mutasi. 
c) Mengidentifikasi kebutuhan pelatihan dan pengembangan pegawai dan untuk menyediakan kriteria seleksi dan evaluasi program pelatihan pegawai. 
d) Menyediakan umpan balik bagi karyawan mengenai bagaimana atasan mereka menilai kinerja mereka. 
e) Menyediakan suatu dasar bagi distribusi penghargaan.

 
©Top 10 Iklan 2012 all reserved, theme design by Dadang Herdiana