20 Nov 2012

Pengertian Hygiene dan Sanitasi adalah

Kata Higiene berasal dari Bahasa Yunani "hygieine" (artinya healthfull = sehat), seorang nama dewi kesehatan Yunani (Hygieia).Pengertian higiene menurut Depkes adalah upaya kesehatan dengan cara memelihara dan melindungi kebersihan individu subyeknya. Hygiene adalah usaha kesehatan yang preventif yang menitik beratkan kegiatannya pada usaha kesehatan individu maupun usaha kesehatanpribadi hidup manusia. Higiene adalah ilmu yang berkaitan dengan pencegahan penyakit dan pemeliharaan kesehatan (the sciene concerned with the prevention of illness and maintanance of health.

Sanitasi adalah usaha kesehatan preventif yang menitikberatkan kepada kegiatan usaha kesehatan hidup manusia.Sanitasi makanan adalah salah satu usaha pencegahan yang menitik beratkan kegiatan dan tindakan yang perlu untuk membebaskan makanan dan minuman dari segala bahaya yang dapat menganggu atau memasak kesehatan, mulai dari sebelum makanan diproduksi, selama dalam proses pengolahan, penyimpanan, pengangkutan, sampai pada saat dimana makanan dan minuman tersebut siap untuk dikonsumsikan kepada masyarakat atau konsumen.

Salah satu kegiatan dari sanitasi makanan adalah penyehatan makanan dan minuman . Kegiatan ini merupakan upaya untuk mengendalikan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan kuman pada makanan dan minuman.Faktor-faktor tersebut berasal dari proses penanganan makanan,minuman,lingkungan dan orangnya;sehingga makanan dan minuman yang disajikan ruamah sakit tidak menjadi mata rantai penularan penyakit (Ditjen PPM & PLP dan ditjen Yanmedik,Depkes RI.Jakarta 1988) Secara garis besar perbedaan yang dapat ditarik antara hygiene dan sanitasi adalah bahwa hygiene lebih mengarah kepada manusia atau individu (marsyarakat) sedangkan sanitasi lebih menitik beratkan pada faktor-faktor lingkungan hidup. 

Kegiatan-Kegiatan yang dilakukan dalam Usaha Sanitasi tersebut meliputi: 
1. Keamanan makanan dan minuman yang disajikan. 
2. Hygiene perorangan dan pengamanan makanan oleh keryawan yang bersangkutan. 
3. keamanan terhadap penyediaan air 
4. pengolahan pembuangan air limbah dan kotoran. 
5. Perlindungan makanan terhadap kontaminasi selama dalam proses pengolahan,penyajian dan penyinpanan. 
6. Pencucian,kebersihan dan penyimpanan alat-alat perlengkapan pengolahan makanan.

 
©Top 10 Iklan 2012 all reserved, theme design by Dadang Herdiana