Object Oriented Technology
A. Pengantar Object Oriented Technology
Object Oriented Technology merupakan cara pengembangan perangkat lunak
berdasarkan abstraksi objek-objek yang ada di dunia nyata. Dasar pembuatan adalah Objek,
yang merupakan kombinasi antara struktur data dan perilaku dalam satu entitas.
Filosofi Object Oriented sangat luar biasa sepanjang siklus pengenbangan perangkat
lunak (perencanaan, analisis, perancangan dan implementasi) sehingga dapat diterapkan pada
perancangan sistem secara umum: menyangkut perangkat lunak, perangkat keras dan sistem
secara keseluruhan.
Dalam pengembangan sistem berorientasi objek ini , konsep-konsep dan sifat-sifat
object oriented digunakan. Kosep-konsep tersebut adalah:
1. Kelas
Kelas adalah konsep OO yang mengencapsulasi/membungkus data dan abstraksi
prosedural yang diperlukan untuk menggambarkan isi dan tingkah laku berbagai entitas.
Kelas juga merupakan deskripsi tergeneralisir (misl template, pola, cetak biru) yang
menggambarkan kumpulan objek yang sama.
2. Objek
Objek digambarkan sebagai benda, orang, tempat dan sebagainya yang ada di dunia nyata
yang penting bagi suatu aplikasi. Objek mempunyai atribut dan metoda .
3. Atribut
Atribut menggambarkan data yang dapat memberikan informasi kelas atau objek dimana
atribut tersebut berada.
4. Metoda/Servis/Operator
Metoda adalah prosedur atau fungsi yang tergabumh dalam objek bersama dengan
atribut. Metode ini digunakan untuk pengaksesan terhadap data yang terdapat dalam
objek tersebut.
5. Message
Message adalah alat komunikasi antar objek. Hubungan antar objek ditentukan oleh
problem domain dan tanggung jawab sistem.
6. Event
Event adalah suatu kejadian pada waktu yang terbatas yang menggambarkan rangsangan
(stimulus) dari luar sistem.
7. State
State adalah abstraksi dari nilai atribut dan link dalam sebuah objek. State merupakan
tanggapan dari objek terhadap event-event masukan.
8. Skenario
Skenario adalah urutan event yang terjadi sepanjang eksekusi system.
Karakteristik-karakteristik yang terdapat dalam metode pengembangan sistem berorientasi objek adalah:
· Encapsulation
Encapsulation merupakan dasar untuk membatasi ruang lingkup program terhadap data yang diproses. Data dan prosedur dikemas dalam suatu objek sehingga prosedur lain dari luar tidak dapat mengaksesnya. Data akan terlindungi dari prosedur atau objek lain.
· Inheritance
Inheritance (pewarisan) adalah teknik yang menyatakan bahwa anak dari objek akan
mewarisi data/atribut dan metode dari induknya langsung. Suatu kelas dapat ditentukan secara umum, kemudian ditentukan secara spesifik menjadi subkelas. Setiap subkelas mempunyai hubungan atau mewarisi semua sifat yang dimiliki kelas induknya dan ditambah dengan sifat nik yang dimilikinya.
· Polymorphism
Polymorphism menyatakan bahwa sesuatu yang sama dapat mempunyai bentuk dan
perilaku berbeda. Polimorfisme juga menyatakan bahwa operasi yang sama mungkin
mempunyai perbedaan kelas.