2 Mar 2013

Model untuk mengambil keputusan

Sebuah model untuk mengambil keputusan 

Ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan untuk mengambil keputusan secara efektif tentang produk. Faktor-faktor tersebut merupakan bagian atau elemen yang ada dalam sebuah model untuk mengambil keputusan tentang produk. 

Elemen yang dimaksud adalah : 

1. Analisa pasar 
Pengambilan keputusan tentang produk diawali dengan menganalisa pasarnya. Analisa pasar ini membuka kesempatan untuk memperkenalkan produk baru yang menguntungkan 

2. Memonitor lingkungan 
Dengan sumber-sumber yang terbatas dan terpengaruh oleh faktor-faktor lingkungan, perusahaan harus berusaha memanfaatkan secara penuh kesempatan yang ada. Faktor-faktor lingkungan yang dimaksud adalah faktor lingkungan ekstern seperti : Demografi, kondisi perekonomian, sosial dan kebudayaan, politik dan hukum, teknologi dan persaingan 

3. Menentukan tujuan produk 
Tahap ini berupa menentukan tujuan khusus setiap penawaran. Umumnya tujuan ini dikaitkan dengan masalah-masalah seperti : 

· Pengembangan investasi 
· Laba 
· Market share atau volume penjualan. 

4. Menentukan Marketing mix 

5. Penerapan keputusan-keputusan Marketing Mix 
Keputusan tersebut dapat dilaksanakan dengan menentukan : Apa, siapa, mengapa, bagaimana, Kapan, dimana. 

6. Mengadakan Prosedur Pengawasan 
Sistem pengawasan perlu diadakan dalam manajemen produk dan merupakan tahap terakhir. Tahap tersebut adalah : 
· Memilih kriteria pengawasan 
· Pengukuran kriteria 
· Penentuan standard kerja 
· Memonitor kejadian 
· Membandingkan hasil dengan standard

 
©Top 10 Iklan 2012 all reserved, theme design by Dadang Herdiana