2 Mar 2013

Peranan Pemasaran

Peranan Pemasaran 

Pemasaran merupakan proses sosial dan manajerial sehingga konsumen dapat memperoleh kebutuhan / keinginan mereka melalui permintaan, penawaran, dan penukaran nilai suatu produk antara penjual dan pembeli. 
  • Kebutuhan : segala kebutuhan dasar manusia baik intuk minum, makan, pakaian, pendidikan dan lainnya 
  • Keinginan : Merupakan kondisi lebih khusus dari kebutuhan, misalnya minuman ringan, makanan bergizi, pendidikan tinggi, atau lainnya 
  • Permintaan : akumulasi kebutuhan/keinginan yang potensial untuk digarap, misalnya, makanan, perumahan, pendidikan dan lainnya. 

Beberapa istilah yang penting dalam konteks pemasaran adalah : 

1. Produk (barang, jasa, ide) : 
Segala hasil kerja manusia yang dapat ditawarkan kepada manusia lainnya baik berupa barang, jasa atau ide. 

2. Nilai : 
Perkiraan konsumen atas suatu produk untuk kepuasan mereka, apa yang dirasakan / diinginkan 

3. Biaya : 
Harga yang harus dibayar konsumen atas produk yang dikonsumsi 

4. Kepuasan : 
Seberapa puas konsumen atas produk yang mereka konsumsi (kesesuaian antara harapan dan kenyataan, 

5. Pasar : 
Tempat yang berisi semua pelanggan potensial yang berniat untuk transaksi terhadap suatu produk. 


Perkembangan konsep pemasaran : 

  1. Konsep produksi : jumlah banyak dengan harga murah 
  2. Konsep produk : kualitas, kinerja dan inovasi yang dicari konsumen 
  3. Konsep penjualan : harus ada aktivitas penjualan dan promosi agar dikenal konsumen (laba dari volume penjualan) 
  4. Konsep pemasaran : harus ada aktivitas pemasaran yang terpadu (laba dari kepuasan pelanggan) 
  5. Konsep pemasaran beroriemtasi pada masyarakat : turut memperhatikan kesejahteraan masyarakat sekitar.

 
©Top 10 Iklan 2012 all reserved, theme design by Dadang Herdiana