14 Jun 2013

Analisis Rasio Likuiditas


Analisis rasio keuangan merupakan alat yang biasa dipergunakan untuk menganalisis serta menginterpretasikan kinerja keuangan dan kondisi suatu perusahaan. Karena rasio menggambarkan suatu hubungan atau perbandingan antara suatu jumlah tertentu dengan jumlah lainnya yang terdapat dalam laporan keuangan baik itu neraca maupun laporan laba-rugi.

Adapun rasio-rasio keuangan yang biasanya dipakai berbedaantara yang satu dengan yang lainnya, tergantung dari sumber buku dan pengarangnya. Berikut akan diuraikan rumusan rasio yang umumnya digunakan dalam analisis laporan keuangan menurut Helfert, Munawir, Smith, Tunggal dan Woelfel.

Analisis Rasio Likuiditas

Rasio likuiditas adalah rasio yang menunjukkan kemampuan suatu perusahaan dalam membiayai operasi dan memenuhi kewajiban keuangannya yang harus segera dipenuhi atau kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban keuangan pada saat ditagih.

Analisis Rasio Leverage (Rasio Pengelolaan Utang)

Rasio Leverage yaitu rasio yang digunakan untuk mengukur sampai seberapa besarnya kebutuhan keuangan perusahaan dibelanjai dengan modal asing atau pinjaman dan menunjukkan kemempuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban keuangannya apabila perusahaan dilikuidasi baik kewajiban keuangan jangka pendek maupun jangka panjang.

Analisis Rasio Aktivitas  atau  rasio  pengelolaan  aktiva  (Assets Management Ratio)

Rasio aktivitas adalah rasio yang digunakan untuk mengukur seberapa efektif dan efisien suatu perusahaan dalam mengolah atau mengoperasikan dananya atau aktivanya dan untuk menilai kemampuan perusahaan dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari atau kemampuan perusahaan dalam penjualan, penagihan, piutang, maupun pemanfaatan aktiva yang dimiliki.

Analisis Rasio Profitabilitas atau Rentabilitas

Rasio profitabilitas merupakan rasio-rasio yang dapat digunakan untuk menilai kemampuan siatu perusahaan untuk menghasilkan keuntungan selama periode tertentu dan mengukur sejauh mana tingkat keefektifan dan efesiensi pengelolaan perusahaan. Ini tercermin dari hasil yang dicapai perusahaan dalam penjualan dan investasi yang dilakukan.



 
©Top 10 Iklan 2012 all reserved, theme design by Dadang Herdiana